Speedy Termurah Sejagat?

speedy Produk akses internet kecepatan tinggi operator telekomunikasi terkemuka PT.Telkom Tbk yang kini sudah menembus angka 1,5 juta pelanggan, ternyata semakin disukai dan diminati para mania internet di tanah air. Hal ini bukan saja begitu cepat akses yang terjadi seperti yang digambarkan iklan Speedy selama ini tapi ternyata dibandingkan layanan internet operator lain Speedy paling murah.

Para netter internet di negeri ini menyebutnya murah meriah dan gampang diakses. Kelihatannya gambaran ini tidak terlalu berlebihan. Jika netter menggunakan layanan jasa internet operatror lain, harus merogoh koceknya sampai dua kali lipat, maka pelanggan Speedy bisa tetap sambil tersenyum menggunakan akses dunia maya produk Telkom ini.

Layanan intenet kecepatan tinggi Speedy akan terus tumbuh pesat tahun 2009 ini maupun ditahun-tahun mendatang. Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya internet sebagai fasilitas menunjang aktivitas mereka. Pihak operator sendiri mulai memetik manfaat dari berbagai upaya promo dan perbaikan kualitas layanan yang mereka lakukan.

Pada 2007 lalu jumlah pelanggan Speedy meningkat luar biasa hampir tiga kali lipat dibandingkan 2006. Akhir 2007 pelanggan Speedy mencapai angka sekitar 241.000. Padahal awal 2006 baru 93.000 pelanggan. Akhir 2008 lalu tercatat hampir 1 juta pelanggan Speedy di Indonesia. Kini sudah menembus angka 1,5 juta pelanggan dari target 2 juta pelanggan sampai akhir 2009 ini.

Dalam upaya meningkatkan penjualan, operator kelas dunia ini menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Diantaranya dengan Citibank, Bank BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Mega dan Bank Niaga. Dalam kerjasama tersebut pemegang kartu kredit bank-bank itu atau calon nasabah kartu kredit, mendapat fasilitas keistimewaan ketika melakukan aktivasi Speedy.

Keistimewaan itu antara lain gratis biaya aktivasi, gratis satu unit modem ADSL baru yang bisa digunakan untuk layanan Speedy. Gratis abonemen satu bulan purnama dengan ketentuan tidak berhenti berlangganan dalam enam bulan pertama. Diskon abonemen 28% (dengan tariff Rp.145 ribu) untuk tagihan bulan ke dua sampai dengan bulan ke enam untuk paket professional dan time base dariu tariff normal. Selain itu diskon 34,2% (tariff menjadi Rp.263 ribu) untuk tagihan bulan ke 2 sampai dengan bulan ke enam untuk paket professional dari tariff normal.

Tahun lalu Speedy memberikan nilai tambah berupa bundling modem dan bundling content. Layanan iini diharapkan bisa meningkatkan penetrasi internet di berbagai kalangan masayarakat. Sekaligus sebagai program pendidikan dan hiburan kepada masyarakat.

Saat ini selain menurunkan tariff rata-rata 20% Speedy juga ditawarkan dalam beberapa paket yang menarik seperti Pakat ime Based, Limited Home, Liomited Profesional, Unlimited dan Unlimited Warnet. Akhir Agustus 2008 lalu diluncurkan Paket Speedy Cermat yang super murah. Paket ini biaya bulanannya hanya Rp.75 ribu per bulan untuk pemakaian 15 jam.

Sementara untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, Telkom terus meningkatkan kualitas aksesnya. Kini pelanggan Speedy bisa merasakan kecepatan akses hingga 1 Mbps. Layanan Speedy mencakup 200 kota di Indonesia dan cakupannya terus diperluas tidak hanya di kota-kota besar, tapi telah merambah ke kota-kota kabupaten dan kecamatan.

Upaya memberikan kepuasan kepada pelanggan Speedy di tanah air, operator telekomunikasi kenamaan ini tahun ini telah menginvestasikan dana tak kurang Rp.21 triliun. Tekad Telkom menjadikan Speedy sebagai new wave business.

Jujur saja. Awalnya internet memang tak pernah lepas dari konotasi negative seperti maraknya situs-situs porno yang menyebabkan kekhawatiran para pendidik atas menggunakan internet bagi anak didiknya.

Kini internet seiring dengan perjalanan waktu semakin banyak dimanfaatkan masyarakat semua golongan. Terutama kalangan generasi muda negeri ini. Kelompok calon-calon pemimpin masa depan ini paham betul bahwa dunia maya tersebut adalah perpustakaan raksasa yang menyimpan begitu banyak literature yang bermanfaat bagi kehidupan manusia di dunia fana ini.

Bahkan untuk tugas-tugas akhir para mahasiswa dan mahasiswi itu mencarinya di internet yang menyimpan begitu banyak literature yang dibutuhkan. Kini literature menyangkut Al Qur’an juga bisa diperoleh di internet dan ditulis dalam berbagai bahasa.

Dalam Patriot majalah internal Telkom yang dicetak 20.000 eksemplar setiap terbit, diungkapkan pengelola situs keajaiban Al Qur’an, materi-materi yang terkandung dalam situs tersebut terinspirasi dari karya-karya Harun Yahya seorang cendikiawan muslim asal Turki kelahiran 1956 yang memiliki nama asli Adnan Oktar.

Para netter muslim maupun non muslim, dengan membuka situs www.keajaibanalquran.com bisa menambah pengetahun tentang apa yang tertulis dalam Al Qur’an dan terkait dengan astronomi, fisika, bumi, biologi dan peristiwa yang terjadi di kemudian hari yang telah tertulis di Al Qur’an sebelum benar-benar terjadi.

Dengan begitu luar biasa banyaknya manfaat dunia maya bagi kepentingan ilmu pengetahuan dan jaringan pergaulan internasional melalui e-mail, tak pelak lagi internet sudah merupakan kebutuhan bagi seluruh kalangan di tanah air.

Malahan IP-TV Telkom sendiri sudah mengicar 50% pelanggan Speedy untuk diajak bergabung memasuki bisnis layanan televise berbasiskan internet atau Internet Protocol-TV..

Dengan layanan ini pengguna Speedy dapat menikmati siaran siaran televise, baik local, nasional maupun internasional. Untuk menikmati layanan ini pelanggan harus memiliki perangkat set top box

Layanan terbaru berbasis internet Speedy ini merupakan broadband triple play, yaitu suatu layanan terpadu antara komunikasi suara, internet dan video atau TV dalam satu kesatuan platform protocol internet.

Da;am upaya meningkatkan layanan internet dengan kecepatan tinggi, Telkom telah mengandeng SpeedCast Ltd perusahaan penyedia layanan broadband satelit dan content multimedia di kawasan Asia Pasifik.

Kerjasama itu untuk mendukung program Speedy lebih Cepat tahun ini. Pasalnya, operator ini tahun ini lebih focus pada bisnis broadband content atau jaringan internet kecepatan transfer tinggi karena jalur data cukup besar.

Menurut VP PMC Telkom Eddy Kurnia, pengembangan bisnis broadband ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan gaya hidup manusia modern di abad ke 21 ini. “Karena itu Telkom tidak henti-hentinya melakukan solusi-inovasi layanan dan produk, demi kepuasan pelanggan,” ujarnya bersemangat sambil mengatakan kehidupan manusia tanpa internet ibarat sayur tanpa garam.

Oleh : H.Erry Budianto (Redaktur Surabayawebs.com).

0 komentar: